Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio dan Televisi

Pengantar

SMK Negeri 1 Bangil berdiri pada tahun 1997 pada saat awal berdiri masih meliki 2 program keahlian yaitu listri dan elektro. Pada tahun 2004 program keahlian Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio(TP3R) atau Pendidikan Broadcasting berdiri. Pada tahun tersebut namanya Teknik Penyiaran Radio (TPR), lalu nama tersebut berganti menjadi Teknik Siaran Radio (TSR) dan pada akhirnya berubah menjadi program keahlian Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio(TP3R) atau Pendidikan Broadcasting sampai sekarang.

Sesuai dengan nama program keahlianya, Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio(TP3R) atau Pendidikan Broadcasting mempunyai pemancar radio komunitas yang berada digelombang 92,0 dan studio radionya diberi nama SMK FM. Jarak pancar radio ini radius sekitar 5 sampai 7 KM. Pesawat FM = 40 Watt dengan Booster antena = 80 WATT. Motto radio adalah The Real Education and Infotainment Station. Jam siar mulai dari pukuk 07.30 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Penyiarnya terdiri atas guru dan siswa dengan segmen pendengar 50 % orang tua dan 50%- nya anak muda. Disiarkan dari Bumi Pendidikan SMK Negeri 1 Bangil, jalan Tonkol no.3 Bangil Kabupaten Pasuruan.

Visi

Mendidik Insan Broadcast yang Beriptek, Berimtak, Profesional, Berbudi Pekerti Luhur, bermartabat berdasarkanUndang-undang Dasar 1945

Motto

SALAM, SENYUM, SAPA dan SANTUN UNTUK SEMUA

Program Kerja Ungulan

1. Mendidik penguasaan dasar-dasar broadcast.

2. Membiasakan diri beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.

3. Menguasai kode etik jurnalistik dan pemberitaan yang berimbang dan bertanggung jawab.

4. Memiliki wawasan ke-Bheneka Tunggal Ika-an, persatuan dan kesatuan sesuai dengan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

5. Berani membela kebenaran dan keadilan demi terwujudnya Indonesia yang adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.