• humas@smkn1-bangil.sch.id
  • 0822-2833-8520
News Photo

7 Syarat Melamar Pekerjaan di Pabrik secara Umum

  • Kerja
  • February 20, 2021

Untuk Anda yang tengah berada di kisaran usia 20 tahunan, melamar pekerjaan bisa jadi adalah satu dari banyak kegiatan rutin yang dilakukan. Pencarian lowongan pekerjaan, melengkapi berkas dan syarat yang diperlukan, tentu Anda sudah paham benar. Salah satu kesempatan kerja yang cukup menggiurkan dan bergaji lumayan adalah bekerja pada pabrik di luar negeri. Sebelumnya tentu Anda harus paham syarat melamar pekerjaan di pabrik tersebut.

Memang jika secara pasti, syarat melamar pekerjaan di pabrik hanya dapat diketahui ketika pabrik tersebut membuka lowongan pekerjaan. Namun tak perlu cemas, karena pabrik yang ada di luar negeri, di Malaysia misalnya, hampir selalu menerima tenaga kerja asal Indonesia setiap tahunnya. Maka untuk mempersiapkan diri setidaknya Anda perlu paham syarat umum yang harus dipenuhi.

Surat Lamaran Kerja

Tentu, untuk melamar pekerjaan yang disediakan oleh pabrik yang Anda tuju, Anda memerlukan surat lamaran pekerjaan. Bentuk dan formatnya bisa beragam, biasanya Anda bisa menemukan format umumnya dengan pencarian sederhana di internet. Tinggal mengganti isi atau kontennya saja, disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

CV atau Curriculum Vitae

Untitled design712 - 7 Syarat Melamar Pekerjaan di Pabrik secara Umum

Kedua adalah CV, yang menunjukkan riwayat hidup dan jejak karir yang Anda miliki. CV diperlukan untuk memeriksa latar belakang Anda sebagai pelamar kerja, dan melihat apakah Anda memiliki kecocokan dengan pabrik yang membutuhkan jasa Anda. Biasanya berisi riwayat kerja, riwayat hidup, dan jenjang pendidikan yang ditempuh.

Fotokopi Ijazah sebagai Syarat Melamar Pekerjaan di Pabrik

Sebenarnya tidak hanya sebagai syarat melamar pekerjaan di pabrik saja, hampir setiap pekerjaan memerlukan dokumen ini sebagai syarat pelengkapnya. Fotokopi ijazah yang dilegalisir akan menjadi bukti valid jenjang pendidikan yang sudah Anda lalui sehingga dapat dijadikan salah satu tolak ukur kapasitas kerja yang Anda miliki.

SKCK, Surat Keterangan Sehat, Pas Foto

Untitled design713 - 7 Syarat Melamar Pekerjaan di Pabrik secara Umum

Tiga dokumen ini, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Surat Keterangan Sehat, dan pas foto juga merupakan syarat dokumen yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Pada dokumen ini bisa dilihat catatan kepolisian yang Anda miliki, kondisi kesehatan Anda secara umum, dan tampilan resmi yang Anda tunjukkan pada pas foto.

Kartu Kuning dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Kartu Kuning merupakan dokumen yang juga diperlukan. Anda bisa mendapatkan Kartu Kuning dengan mengurusnya di Kementerian Tenaga. Kartu ini biasanya diperlukan untuk memasukkan lowongan di dinas pemerintah, namun bukan tidak mungkin pabrik yang Anda tuju juga mensyaratkan kartu ini. Jadi tidak ada salahnya untuk membuat kartu ini sebagai salah satu persiapan untuk melamar kerja.

Sertifikat serta Piagam Penghargaan, Jika Ada

Untitled design711 - 7 Syarat Melamar Pekerjaan di Pabrik secara Umum

Mungkin Anda pernah mengikuti pelatihan atau kursus kemampuan? Atau mungkin Anda sudah pernah bekerja di suatu tempat sebelum memasukkan lamaran kerja? Anda bisa melampirkan fotokopi sertifikat kerja atau piagam penghargaan yang Anda miliki sebagai dokumen pendukung saat melamar pekerjaan. Biasanya jika Anda memiliki sertifikat seperti ini kesempatan Anda diterima akan menjadi lebih besar karena sudah memiliki bukti kemampuan kerja yang terverifikasi.

Visa Kerja dan Paspor

Karena Anda berencana melamar pekerjaan di luar negeri, maka dua dokumen utama ini harus dimiliki. Pastikan Anda memiliki paspor dan visa kerja yang masih aktif, sehingga Anda bisa masuk ke negara tempat pabrik tersebut berada sebagai tenaga kerja sah dan legal. Anda bisa mengurusnya dengan mudah dengan sistem online, atau mengikuti prosedur yang disediakan di Kantor Imigrasi.

Sebenarnya mungkin ada beberapa berkas atau dokumen yang belum dicantumkan dalam artikel ini. Namun demikian, beberapa syarat di atas adalah syarat umum yang hampir dipastikan ada pada setiap lowongan pekerjaan yang Anda lihat, jika Anda ingin bekerja di luar negeri. Beberapa negara juga mensyaratkan sertifikat kemampuan bahasa asing dengan standar tertentu, tergantung dengan posisi dan pekerjaan yang Anda lamar.

Selain menyiapkan berkas, tentu Anda harus menyiapkan mental dan kemampuan kerja Anda. Jadi nantinya ketika Anda diterima, Anda bisa benar-benar bekerja dengan optimal dan memenuhi ekspektasi dari pemberi kerja. Semakin puas pemberi kerja atas kinerja Anda, maka kesempatan Anda mendapatkan kenaikan posisi juga tentu akan semakin besar.

Syarat melamar pekerjaan di pabrik sendiri akan berbeda-beda, tergantung posisi, bidang kerja pabrik, serta apa yang dibutuhkan pabrik tersebut. Untuk pabrik yang ada di luar negeri, di Malaysia misalnya, Anda bisa melihat keterangannya di Dinas Ketenagakerjaan di area Anda. Di sini juga Anda dapat mengikuti prosedur penyaluran TKI yang sah, legal dan resmi.

Setelah mengetahui syarat melamar pekerjaan di pabrik di luar negeri tersebut, diharapkan Anda akan memiliki pemahaman lebih baik dan bisa menyiapkan semuanya sedini mungkin. Ketika nantinya Anda sudah bekerja di luar negeri, jangan lupa untuk memilih Qelola sebagai layanan remitansi yang Anda gunakan. Layanan ini dapat mengirimkan uang dengan cepat dan murah, sehingga gaji yang dikirimkan bisa segera digunakan oleh keluarga di tanah air. Unduh aplikasinya di sini, dan semangat untuk mencari pekerjaan!

sumber : https://blog.qelola.com/

Share This News

Comment

Do you want to get our quality service for your business?